PONDASI FOOT PLATE

Fondasi Telapak (Foot Plate)
 
Jenis fondasi yang sering digunakan oleh sebagian orang terutama gedung lantai dua adalah jenis fondasi telapak atau dikenal juga dengan nama foot plate. Jenis konstruksi ini lazimnya menggunakan beton bertulang dengan ukuran dan detail penulangan tertentu. Sesuai dengan analisa teknis fondasi tersebut harus mampu berfungsi sesuai dengan peruntukanya. Sudah barang tentu dalam merencanakanya bukanlah hal yang mudah.
Hal yang diperlukan dalam merencanakan dalam perencanaan fondasi telapak adalah :
1.Kondisi tanah yang akan menahan beban bangunan lewat fondasi, Syarat-syaratnya adalah tanah mampu menerima beban yang diteima fondasi tanpa mengalami penurunan atau penurunan dalam kadar yang sedikit dan merata. Data-data dari kondisi tanah yang dibutuhkan diantaranya kohesi atau lekatan tanah, berat jenis tanah
2.Kondisi fondasi. Dimana fondasi harus mampu untuk menerima gaya-gaya yang bekerja padanya tanpa terjadi kerusakan pada fondasi foot plate itu sendiri.  Analisa kemampuan fondasi tidak didapatkan begitu saja akan tetap perlu analisa struktur fondasi dengan mengolah beberapa data sekunder yang nantinya akan didapatkan kapasitas fondasi footplate.
Untuk didapatkan analisa kondisi tanah diperlukan penyelidikan tanah. Biasanya dilakukan oleh laboratoriun mekanika tanah. Wahhhhhhhhh…. hal ini tentu saja sulit, disamping juga harus mengeluarkan biaya, ditambah lagi masih harus menganalisa struktur fondasi itu sendiri. Mau lihat gambaranya bangaimana penyelidikan tanah itu, lihat disini ya..klik disini

Berikut ini kita sajikan program yang telah disediakan pemerintah RI untuk menghitung fondasi, sedang data tanah kita ambil dari beberapa referensi. Hal ini tentu saja masih jauh hasilnya dari analisa yang biasa dilakukan para ahli. Hanya saja harapan penulis, ini dapat dijadikan pendekatan untuk menghasilkan kwalitas bangunan kita yang lebih baik. Juga kita sertakan petunjuk pengunaan program ini.
Download program komputer perhitungan fondasi foot plate klik di bawah ini
download program
Download panduan program perhitungan fondasi foot plate klik di bawah ini  
download panduan program
 
Sedangkan data tanah kita sajikan seperlunya saja
Jenis tanah
Kuat dukung tanah ijin(kPa)
Lempung(lunak-keras)
50-300
Pasir halus(lepas-padat)
75-125
Pasir kasar(lepas-padat)
100-400
Cadas pasir
400
Batu pasir
800
Batu beku
>1000
 
Dimana : 1kPa=10 gr/cm2
Berarti kalau 100 kPa=1000 gr/cm2=1 kg/cm2=10000 kg/m2 atau 10 ton/ m2
Untuk daerah Jogjakarta kuat dukung tanah ijin berkisar =100~150kPa
 
 
 
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s